Monday, October 11, 2010

Artikel : Definisi Seni

artikel seni
name: ghali apriyaldi
class : xi ipa dua
teacher : Ronaaldo rozalino,S.sn

Definisi Seni adalah kesanggupan akal manusia untuk menciptakan sesuatu karya yang bermutu dan bernilai tinggi. Definisi Masyarakat adalah kumpulan dari manusia yang tinggal secara bersama-sama dalam satu lingkungan tertentu n Masyarakat Manusia (Budi + Daya + Karsa)
*Seni berasal dari kata Sani yang artinya Jiwa yang luhur / ketulusan hati. *Seni dapat pula dikatakan sebagai sebuah “Art” yang artinya barang / karya sebuah kegiatan.
*Seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa.
*Seni adalah karya yang berasal dari peniruan bentuk alam dengan segala segi-seginya atau mendekati bentuk alam/natural. (Plato) Ex : Melukis Danau sesuai dengan aslinya
*Seni adalah karya yang berasal dari alam, kemudian dibuat lebih indah sesuai ide dari pencipta/seniman (Aristoteles) Ex : Melukis Danau dengan penambahan ide, sehingga tampak lebih indah dari aslinya
*Seni adalah karya manusia yang lebih mengutamakan segi kreativitas fisik dan psikologis (Shubert Read) Ex : Melukis danau dengan sentuhan imajinasi si seniman.
Seni tari Seni tari adalah seni yang berupa gerakan-gerakan yang indah dan berirama (ritmis). Komponen utama sebagai alat ukur untuk menilai kemampuan seni tari, ada tiga yaitu, wiraga, wirama, dan wirasa. Wiraga, adalah tertuju pada keterampilan memvisualisasikan setiap gerakan secara cermat dan tepat, dan hal ini akan berkaitan dengan daya ingat (hafal), penguasaan teknik - tekniknya, dan dalam membentuk gerakan tari. Wirama, adalah ketepatan dalam mengatur & mengendalikan waktu dari setiap geraknya. Selain itu, perlu diukur pula antara ketepatan pengaturan waktu menggerakkannya dengan ketepatan dan keselarasan dengan pola irama dari musik pengiringnya. Wirasa berkaitan dengan kemampuan menginterpretasikan isi tarian yang disalurkan melalui pengendalian rasa atau emosinya dalam upaya menjiwai tarian yang dibawakannya.
Seni Teater Seni teater merupakan seni pertunjukkan yang memadukan berbagai unsur media seni seperti gerak, tari, maupun musik Dengan mempelajari teater, kita bisa bereksplorasi dengan ruang gerak kita secara bebas dan bisa memahami karakter orang lain dengan cara memerankan karakter yang berbeda dengan diri kita sendiri.
Seni Sastra Yang termasuk dalam seni sastra adalah puisi, cerpen, prosa, cerita pendek, cerita bersambung .  Pada masa kontemporer seni banyak mengalami perubahan baik secara kebendaan atau kajian estetiknya, bahkan landasan logika. Aturan-aturan yang telah ada seolah-olah dihancurkan. Yang dulu Seni menyenangkan sekarang sebaliknya. Kondisi ini terjadi karena sudah pada titik jenuh dan marah pada lingkungan, perlakuan pasar kapitalisme, dan kritikus.
SENI KONTEMPORER Di era kontemporer ini banyak lahir bentuk seni baru, seperti ; Klik Art : adalah bentuk seni yang dalam menghasilkan karya seni menggunakan alat bantu komputer dengan program seperti corel draw, photoshop. Net Art : adalah bentuk seni yang dipamerkan di internet, dan gambar bisa diubah oleh siapa saja, bahkan inisial si pembuat juga bisa dirubah. Vidio Art : seniman dalam berkarya memanfaatkan teknologi televisi yang terkoneksi dengan vidio atau komputer.

Sumber : Edy (diambil dri : Edy Prihantoro, SS., MMSI)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...